Selasa, 01 Mei 2012

Tugas Wajib Softskill Bahasa Indonesia 2

1.    Peranan Bahasa Indonesia dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Kebenaran berbahasa akan berpengaruh terhadap kebenaran informasi yang disampaikan. Berbagai fenomena yang berdampak buruk pada kebenaran berbahasa yang disesuaikan dengan kaidahnya, dalam hal ini berbahasa Indonesia dengan baik dan benar..
Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan sumber daya manusia yang relevan dengan perkembangan. Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia sudah berusia 79 tahun. Jika dianalogikan dengan kehidupan manusia, dalam rentang usia tersebut idealnya sudah mampu mencapai tingkat kematangan dan kesempurnaan, sebab sudah banyak merasakan lika-liku dan pahit-getirnya perjalanan sejarah.
             Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dapat membuat pergeseran pada bahasa Indonesia. Apalagi biasanya teknologi informasi (TI) banyak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pemrograman. Dalam penerapannya teknologi informasi jarang yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi. Ini menyebabkan peralihan dari bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadi bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Dilihat dari realitas ini menyebabkan Peranan Bahasa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak yang  negative.
            Semua itu bisa diatasi dengan cara menggalakan kembali wajib berbahasa Indoneisa. Dengan mewajibkan semua siswa siswi dari tingkat SD,SMP,sampai SMA untuk menggunakan bahasa Indonesia. Dan juga mewajibkan menggunakan bahasa Indonesia untuk para karyawan swasta maupun negri. Sehingga Bahasa Indonesia bisa terus terjamin keberadaannya.

Daftar Pustaka :-  http://ghembiel09.blogspot.com
-       http://mocoe.wordpress.com
2.  Pengaruh bahasa gaul dalam perkembangan bahasa Indonesia.
Dewasa ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia film mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. Interferensi bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.
 Bahasa gaul sangat berpengaruh negative terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Seiring dengan munculnya bahasa gaul dalam masyarakat, banyak sekali dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa diantaranya sebagai berikut :
1 Eksistensi Bahasa Indonesia Terancam Terpinggirkan Oleh Bahasa Gaul Berbahasa sangat erat kaitannya dengan budaya sebuah generasi.
2. Menurunnya Derajat Bahasa Indonesia

Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja..
            Semua itu bisa teratasi dengan menggalangkan wajib berbahasa Indonesia dikalangan remaja. Dikarenakan remaja yang sering menggunakan bahasa gaul karena seiring perkembangan zaman.

Daftar pustaka : - http://mocoe.wordpress.com


 Nama              : Muhammad Aditya Suhendra
Kelas               : 3EA15
NPM                : 13209870
Nama Dosen  : Sepitri Daruyani
www.gunadarma.ac.id
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar